Socio-Economic Impacts of Natural Disasters on The Education Sector A Case Study of Indonesia

Main Article Content

Aries Setiadi

Abstract

Indonesia merupakan negara yang berada di area rawan bencana alam. Berbagai bencana alam berdampak negatif terhadap kondisi sosial dan perekonomian masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagi sektor pendidikan, bencana memiliki dampak ganda. Seringkali sektor pendidikan bukan menjadi prioritas dalam penanganan awal bencana. Di sisilain, fasilitas pendukung sektor pendidikan seringkali justru  dimanfaatkan sebagai pendukung penanganan bencana, misalnya penggunaan sekolah sebagai tempat berlindung bagi para pengungsi. Upaya preventif mengurangi dampak bencana lebih lanjut sudah selayaknya menjadi prioritas untuk mengurangi dampak negatif sosial dan ekonomi yang lebih tinggi. Dalam sektor
pendidikan, upaya preventif tersebut meliputi pengetahuan tentang risiko bencana, penyediaan area aman bagi anak, dukungan psikologis bagi guru, penyediaan area alternatif untuk tempatberlidung di luar area sekolah,  dan penyediaan fasilitas pendukung pendidikan.

Article Details

Section
Articles